EMBRIOLOGI DALAM AL QURAN

Tulang Dibungkus Daging

Penciptaan tulang belulang terjadi pada minggu ketujuh. Kemudian langsung diikuti oleh dibungkusnya tulang dengan daging pada minggu kedelapan.

Al Quran telah mengungkapkan per­kembangan janin pada tahapan ini dengan redaksi yang pendek dan singkat, tetapi mengandung mukjizat dan makna yang sarat. Allah Swt berfirman sebagai berikut:

Lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging,” (QS. Al-Mukminun: 14).

Al Quran memaparkan kandungan pokok ayat ini sesuai dengan kaidah bahasa Arab. Hal ini sesuai dengan ilmu pengetahuan modern dalam beberapa hal:

Pertama, ayat tersebut menginformasikan bahwa tulang belulang telah selesai diciptakan sebelum daging. Objektivitas pemahaman ini sangat mendalam. Tulang berkembang pada minggu ketujuh. Kemudian diikuti oleh daging pada minggu kedelapan.

Kedua, ayat di atas menunjukkan bahwa penciptaan dua unsure janin terjadi secara berurutan tanpa jeda. Hal ini ditandai dengan pemakaian huruf fa yang berarti berurutan secara cepat (tanpa jeda).

Ketiga, istilah “membungkus dengan daging” (Al-kisa’ bi Al-lahm) merupakan istilah yang sangat tepat untuk mengungkapkan keadaan antara tulang dan daging. Pada saat itu, tulang belulang dibungkus dengan daging sebagaimana badan seseorang dibungkus dengan pakaian. Setiap daging dan tulang tersebut terbentuk mulai dan rangka-rangka yang terdapat pada dua sisi cikal bakal tulang belakang. Proses ini terjadi pada tahapan segumpal daging.

Kemudian sel-sel awal yang terdiri dari unsur­-unsur pembentukan tulang menyebar. Hal ini diikuti oleh penyebaran sel-sel awal yang terdiri dan unsur-unsur pembentukan daging. Berikutnya, daging yang membungkus tulang belulang akan membentuk tulang.

Menjadi Manusia Baru

Berikut tahapan sampai terbentuk manusia:

1.    Awalnya, jarak kedua mata si janin saling berjauhan pada kedua sisi kepala. Letak kedua telinganya sampai kebawah dan hidung berbentuk dua lubang yang saling berjauhan. Mulutnya pun terbuka lebar.

2.    Pada akhir minggu ketujuh dari usia kehamilan, kedua mata janin pada kedua sisi kepala. Letak kedua matanya lebih bawah dari tempat yang biasa.

3.    Pada awal bulan ketiga, kepala janin mirip setengah panjang janin. Sepertiga panjangnya terjadi pada akhir bulan kelima. Seperempat panjang kepala janin terjadi ketika kelahiran.

4.    Panjang janin sekitar 7 cm pada akhir bulan ketiga. Panjang tersebut terus bertambah sampal 50 cm pada akhir kehamilan. Mulai dari minggu kesembilan (permulaan bulan ketiga) hingga akhir kehamilan.

Penjelasan selengkapnya terdapat pada Buku 2 “Kemukjizatan Penciptaan Manusia” hal. 1.

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s